Jumat, 26 Desember 2014

Tulisan 6_etika bisnis_peran manajemen



PERAN MANAJEMEN
Henry Mintzberg

Manajer mempunyai beberapa peran yang diklasifikasikan ke dalam tiga kategori, yaitu:
  1. Peran hubungan personal (interpersonal)
  2. Peran informasi (informational)
  3. Peran keputusan (decisional)


Peran Manajer
Sistem Informasi
Peran Interpersonal
     Figurehead


    Leader


    Liaison

Sistem informasi eksekutif, system informasi manajemen

Sistem informasi eksekutif, system informasi manajemen

Sistem otomatisasi kantor (e-mail, website, dll)
Peran Informasi
    Nerve Center


    Disseminator



    Spokesman


Sistem informasi manajemen


Sistem otomatisasi kantor (e-mail, website, dll)


Sistem informasi manajemen
Peran Keputusan
    Enterpreneur

    Disturbance Handler

    Resource Allocator

    Negotiator

Sistem informasi manajemen

Sistem informasi manajemen

Decision Support System (DSS)

Sistem informasi manajemen


 
 






















Menurut Henri Fayol, peran manajemen adalah bahwa manajer melaksanakan 5 (lima) fungsi manajemen utama, yaitu:
  1. Plan (Rencana) adalah Merencanakan apa yang akan dilakukan
  1. Organize (Mengorganisasi) adalah Mengorganisasikan untuk mencapai rencana yang sudah dibuat
  1. Staff (Orang-orang yang terlibat) adalah Menyusun staf atau orang-orang yang terlibat untuk melaksanakan rencana tersebut
  1. Direct (Pengarahan) adalah Mengarahkan dalam pelaksanaan rencana tersebut
  1. Control (Kendali) adalah Mengendalikan pelaksanaan rencana tersebut

TAHAPAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN

Simon (1960)
Memperkenalkan empat aktivitas dalam proses pengambilan keputusan, yaitu:
  1. Intelligence adalah Tahap pengumpulan informasi untuk mengidentifikasikan permasalahannya.
    Pada tahap pertama ini, informasi yang dikumpulkan dapat diperoleh dari system informasi manajemen.
  1. Design  adalah Tahap kedua ini dapat dilakukan dengan menggunakan decision support system yang memberikan banyak alternative pilihan solusi yang dapat dipilih.
  1. Choice adalah Tahap memilih solusi dari alternative-alternatif yang disediakan. Tahap ini juga dapat dilakukan dengan memilih alternative-alternatif solusi yang disediakan oleh decision support system.
  1. Implementation adalah Tahap melaksanakan keputusan dan melaporkan hasilnya.

SISTEM-SISTEM INFORMASI DI FUNGSI-FUNGSI ORGANISASI

System informasi yang diterapkan di dalam fungsi-fungsi organisasi atau tingkatan-tingkatan organisasi tergantung dari perusahaannya.
Jika struktur organisasi didasarkan pada fungsi-fungsi organisasinya, maka unit-unit di perusahaan dikelompokkan ke dalam beberapa fungsi atau departemen seperti, akuntansi, keuangan, pemasaran, produksi, sumber daya manusia dan lain sebagainya.

Fungsi akuntansi akan menjadi system informasi akuntansi (accounting information system)
Fungsi Manajemen
Sistem Informasinya
Fungsi Akuntansi
Sistem informasi akuntansi
(accounting information system)
Fungsi Keuangan
Sistem informasi keuangan
(financial information system)
Fungsi Pemasaran
Sistem informasi pemasaran
(marketing information system)
Fungsi Produksi
Sistem informasi produksi
(production information system)
Fungsi Sumber Daya Manusia
Sistem informasi sumber daya manusia
(human resource information system)












 Sistem-sistem informasi di atas dikenal dengan system informasi manajemen (Management Information Systems).





 sumber : materi mata kuliah sistem informasi manajemen

Tidak ada komentar:

Posting Komentar