Jumat, 26 Desember 2014

Tulisan 2-Etika Bisnis-Strategi Promosi Dalam Bisnis Eceran



STRATEGI PROMOSI DALAM
BISNIS ECERAN
A.      Tujuh proses penjualan eceran
1.    Mendekati dan menyapa konsumen
2.    Menentukan kebutuhan dan keinginan konsumen
3.    Merekomendasikan kebutuhan barang-barang yang diperdagangkan kepada konsumen
4.    Penanganan jika terjadi keberatan konsumen
5.    Penyelesaian penjualan segera menyakinkan konsumen untuk membeli barang yang diminati
6.    Menyarankan konsumen untuk membeli ditoko kita
7.    Follow up
Promosi adalah segala bentuk komunikasi yang diberikan oleh pengecer dalam memberikan  informasi, membujuk yang berguna untuk meningkatkan para konsumen menjadi sasaran pasar.

B.      Lima bentuk promosi
1.    Personal selling
Bentuk promosi produk secara langsung kepada calon pembeli yang dianggap potensial oleh  suatu perusahaan
2.    Advertising
Suatu media komunikasi yang bersifat missal dimana suatu sponsor telah menerima sejumlah pembayaran tertentu
3.    Sales promotion
Suatu aktifitas yang dibuat sedemikian rupa untuki menjadi pelengkap advertising sekaligus sebagai media yang memudahkan personal selling
4.    Public relations
Memilih ruang lingkup yang lebih luas dan lebih mengarahkan kepembentukan opini bagi perusahaan dan produk yang dihasilkan
5.    Publicty
Bentuk dari pabrik relations dimana intinya adalah terdapat berita atau perkembangan terbaru dari suatu perusahaan atau produk

C.      Periklanan pebinis eceran
·      produk oriented advertising menitik beratkan pada nama besar produk
·      institusional advertising menitik beratkan pada nama besar toko

D.      tujuan promosi
secara umum, perusahaan melakukan promosi untuk memberikan informasi kepada pembeli pada saat membeli produk kemudian memberikan penekanan pada ciri khas suatu produk dan mengajak pembeli-pembeli yang potensisal.

E.      Promosi bauran
Kombinasi antara personal selling, advertising, sales promotion, public relation dan publicity.

F.      Empat faktor untuk menentukan promosi bauran :
1.    Target pasar
Kurang lebih ada 4 faktor yang mempengaruhi pemilihan metode promosi untuk pasar :
·      Kesiapan untuk membeli
Ada 6 tahapan pada faktor ini, seperti : awereness, knowledge, liking, preference, conviction, and purchase.
·      Letak geografis
·      Tipe konsumen
·      Konsentrasi pasar
2.    Produk
3.    Tahapan siklus perkembangan produk
4.    Dana yang tersedia

G.     Strategy pull dan strategy push
·      Strategi pull adalah motivasi atau mendorong konsumen untuk mendapatkan informasi lebih lanjut kepada pihak pengecer produk
·      Strategi push adakah mendorong promosi melalui saluran distribusi dan produk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar