Jumat, 11 Oktober 2013

Segmen pasar dan analisis demografi


1.     Segmen pasar
Ø Segmentasi pasar
Segmentasi pasar adalah kegiatan membagi suatu pasar menjadi kelompok-kelompok pembeli yang berbeda yang memiliki kebutuhan, karakteristik, atau perilaku yang berbeda yang mungkin membutuhkan suatu produk.
                        
Ø Segmentasi dan kepuasan konsumen
Kepuasan konsumen adalah suatu hasil akhir yang tidak terwujud yang di alami seseorang terhadap perbandingan hasil produk dengan hasil yang diharapkan.
Kepuasan konsumen terbagi menjadi 2 :
a. Kepuasan Fungsional, merupakan kepuasan yang diperoleh dari fungsi atau
    pemakaian suatu produk.
    Misal : karena makan membuat perut kita menjadi kenyang.
b. Kepuasan Psikologikal, merupakan kepuasan yang diperoleh dari atribut yang
    bersifat tidak berwujud.
      Misal : Perasaan nyaman karena mendapat pelayanan yang baik dari sebuah
      rumah sakit.

Ø Segmentasi dan profitabilitas
Profitabilitas adalah kemampuan perseroan untuk menghasilkan suatu keuntungan dan menyokong pertumbuhan baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang untuk memperoleh laba dalam hubungannya dengan penjualan, total aktiva maupun modal sendiri.
Komponen laporan hasil kinerja perseroan :
a.     Tingkat efisiensi proses produksi
b.     Fokus pada ”core business” terpenting anda.
c.      Berdayakan orang-orang yang dedikasi melalui kepemimpinan.
d.     Kompensasi yang sesuai.
e.      Pertajam kecerdasan organisasi.

Ø Penggunaan segmentasi dalam strategi pemasaran
Agar segmen pasar dapat bermanfaat maka harus memenuhi beberapa karakteristik:
Measurable        : Ukuran, daya beli, dan profil segmen harus dapat diukur meskipun
                             ada beberapa variabel yang sulit diukur.
• Accessible         : Segmen pasar harus dapat dijangkau dan dilayani secara efektif.
• Substantial         : Segmen pasar harus cukup besar dan menguntungkan untuk dilayani
• Differentiable     : Segmen-segmen dapat dipisahkan secara konseptual dan
                             memberikan.
Actionable           : program yang efektif dapat dibuat untuk menarik dan melayani
                 segmen-segmen yang bersangkutan.

2.  Rencana perubahan
Ø Analisis konsumen dan kebijakan sosial
Analisis konsumen berguna untuk melihat bagaimana konsumen mengambil keputusan dan peran pemasaran di dalamnya.
Pengambilan Keputusan Konsumen :
·     Analisis Kebutuhan
Konsumen merasa bahwa dia membutuhkan sesuatu untuk memenuhi keinginannya. Kebutuhan itu bisa dibangkitkan oleh dirinya sendiri ataupun stimulus eksternal.
·     Pencarian Informasi
Setelah kebutuhan itu dirasakan, konsumen kemudian mencari produk ataupun jasa yang bisa memenuhi kebutuhannya.
·     Evaluasi Alternatif
Konsumen kemudian mengadakan evaluasi terhadap berbagai alternatif yang tersedia mulai dari keuntungan dan manfaat yang dia peroleh.
·     Keputusan Pembelian
Konsumen memutuskan untuk membeli produk dengan kharateristik tertentu.
·     Sikap Paska Pembelian
Sikap ini hasil akhir yang kita rasakan setelah kita membeli produk tersebut.

Tindakan- tindakan kebijakan sosial adalah:
1.  Penelitian dan rasionalisasi yang dilakukan untuk menjamin keilmiahan dari analisis yang dilakukan.
2.  Orientasi nilai yang dijadikan patokan atau kriteria untuk menilai kebijakan sosial tersebut berdasarkan nilai benar dan salah.
3.  Pertimbangan politik yang umumnya dijadikan landasan untuk menjamin keamanan dan stabilitas.

Ø Perubahan pasar konsumen
·     Pasar Persaingan Sempurna
Jenis pasar persaingan sempurna terjadi ketika jumlah produsen sangat banyak sekali dengan memproduksi produk yang sejenis dan mirip dengan jumlah konsumen yang banyak.
·     Pasar Monopolistik
Struktur pasar monopolistik terjadi manakala jumlah produsen atau penjual banyak dengan produk yang serupa/sejenis, namun di mana konsumen produk tersebut berbeda-beda antara produsen yang satu dengan yang lain.
·     Pasar Oligopoli
Pasar oligopoli adalah suatu bentuk persaingan pasar yang didominasi oleh beberapa produsen atau penjual dalam satu wilayah area.
·     Pasar Monopoli
Pasar monopoli akan terjadi jika di dalam pasar konsumen hanya terdiri dari satu produsen atau penjual.


Sumber :




Tidak ada komentar:

Posting Komentar