PERAN MANAJEMEN
Henry Mintzberg
Manajer
mempunyai beberapa peran yang diklasifikasikan ke dalam tiga kategori, yaitu:
- Peran hubungan personal (interpersonal)
- Peran informasi (informational)
- Peran keputusan (decisional)
|
Menurut Henri
Fayol, peran manajemen adalah bahwa manajer melaksanakan 5 (lima) fungsi
manajemen utama, yaitu:
- Plan (Rencana) adalah Merencanakan apa yang akan dilakukan
- Organize (Mengorganisasi) adalah Mengorganisasikan untuk mencapai rencana yang sudah dibuat
- Staff (Orang-orang yang terlibat) adalah Menyusun staf atau orang-orang yang terlibat untuk melaksanakan rencana tersebut
- Direct (Pengarahan) adalah Mengarahkan dalam pelaksanaan rencana tersebut
- Control (Kendali) adalah Mengendalikan pelaksanaan rencana tersebut
TAHAPAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN
Simon (1960)
Memperkenalkan
empat aktivitas dalam proses pengambilan keputusan, yaitu:
- Intelligence adalah Tahap
pengumpulan informasi untuk mengidentifikasikan permasalahannya. Pada tahap pertama ini, informasi yang dikumpulkan dapat diperoleh dari system informasi manajemen.
- Design adalah Tahap kedua ini dapat dilakukan dengan menggunakan decision support system yang memberikan banyak alternative pilihan solusi yang dapat dipilih.
- Choice adalah Tahap memilih solusi dari alternative-alternatif yang disediakan. Tahap ini juga dapat dilakukan dengan memilih alternative-alternatif solusi yang disediakan oleh decision support system.
- Implementation adalah Tahap melaksanakan keputusan dan melaporkan hasilnya.
SISTEM-SISTEM INFORMASI DI FUNGSI-FUNGSI
ORGANISASI
System informasi yang diterapkan di dalam fungsi-fungsi organisasi atau
tingkatan-tingkatan organisasi tergantung dari perusahaannya.
Jika struktur
organisasi didasarkan pada fungsi-fungsi organisasinya, maka unit-unit di
perusahaan dikelompokkan ke dalam beberapa fungsi atau departemen seperti, akuntansi,
keuangan, pemasaran, produksi, sumber daya manusia dan lain sebagainya.
Fungsi akuntansi
akan menjadi system informasi akuntansi (accounting information system)
Fungsi Manajemen
|
Sistem Informasinya
|
Fungsi Akuntansi
|
Sistem informasi akuntansi
(accounting
information system)
|
Fungsi Keuangan
|
Sistem informasi keuangan
(financial
information system)
|
Fungsi Pemasaran
|
Sistem informasi pemasaran
(marketing
information system)
|
Fungsi Produksi
|
Sistem informasi produksi
(production
information system)
|
Fungsi Sumber Daya Manusia
|
Sistem informasi sumber daya manusia
(human
resource information system)
|
Sistem-sistem informasi di atas dikenal dengan system informasi manajemen (Management Information Systems).
sumber : materi mata kuliah sistem informasi manajemen
Tidak ada komentar:
Posting Komentar