STRATEGI PROMOSI DALAM
BISNIS ECERAN
A. Tujuh proses penjualan eceran
1.
Mendekati
dan menyapa konsumen
2.
Menentukan
kebutuhan dan keinginan konsumen
3.
Merekomendasikan
kebutuhan barang-barang yang diperdagangkan kepada konsumen
4.
Penanganan
jika terjadi keberatan konsumen
5.
Penyelesaian
penjualan segera menyakinkan konsumen untuk membeli barang yang diminati
6.
Menyarankan
konsumen untuk membeli ditoko kita
7.
Follow
up
Promosi adalah
segala bentuk komunikasi yang diberikan oleh pengecer dalam memberikan informasi, membujuk yang berguna untuk
meningkatkan para konsumen menjadi sasaran pasar.
B. Lima bentuk promosi
1.
Personal selling
Bentuk
promosi produk secara langsung kepada calon pembeli yang dianggap potensial
oleh suatu perusahaan
2.
Advertising
Suatu
media komunikasi yang bersifat missal dimana suatu sponsor telah menerima
sejumlah pembayaran tertentu
3.
Sales promotion
Suatu
aktifitas yang dibuat sedemikian rupa untuki menjadi pelengkap advertising
sekaligus sebagai media yang memudahkan personal selling
4.
Public relations
Memilih
ruang lingkup yang lebih luas dan lebih mengarahkan kepembentukan opini bagi
perusahaan dan produk yang dihasilkan
5.
Publicty
Bentuk
dari pabrik relations dimana intinya adalah terdapat berita atau perkembangan
terbaru dari suatu perusahaan atau produk
C. Periklanan pebinis eceran
· produk oriented
advertising menitik beratkan pada nama besar produk
· institusional
advertising menitik beratkan pada nama besar toko
D. tujuan promosi
secara
umum, perusahaan melakukan promosi untuk memberikan informasi kepada pembeli
pada saat membeli produk kemudian memberikan penekanan pada ciri khas suatu
produk dan mengajak pembeli-pembeli yang potensisal.
E. Promosi bauran
Kombinasi
antara personal selling, advertising, sales promotion, public relation dan
publicity.
F. Empat faktor untuk menentukan promosi bauran :
1.
Target pasar
Kurang
lebih ada 4 faktor yang mempengaruhi pemilihan metode promosi untuk pasar :
· Kesiapan untuk
membeli
Ada
6 tahapan pada faktor ini, seperti : awereness, knowledge, liking, preference,
conviction, and purchase.
· Letak geografis
· Tipe konsumen
· Konsentrasi
pasar
2.
Produk
3.
Tahapan siklus
perkembangan produk
4.
Dana yang
tersedia
G. Strategy pull dan strategy push
· Strategi pull
adalah motivasi atau mendorong konsumen untuk mendapatkan informasi lebih
lanjut kepada pihak pengecer produk
· Strategi push
adakah mendorong promosi melalui saluran distribusi dan produk.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar