SERVICE
EXCELLENT BISNIS PERDAGANGAN
A.
Budaya
service excellence
Semua
proses produk dan layanan dikatakanbermutu melalui penerapan system manajemen
mutu dengan memiliki indikator output yaitu customer satisfacation atau
kepuasan pelanggan. Membangun budaya service excellence sangat penting karena
nbukan hanya tugas para frontliner , tetapi merupakan tugas semua tim dari
semua level di dalam organisasi, dengan berbeda-beda jenis keahlian dan
tanggung jawabnya.
B.
Tiga
tingkatan customer satisfacation
1. Basic : kebutuhan dasar terpenuhi
2. Expected : harapan terpenuhi
3. Delighted
: harapan terlampau (delighting)
C.
Sebelah
perilaku customer service dan istilahnya
1. Senyum
tulus (pasta gigi)
2. Wajah
hangat dan bersemangat (wajah bersemangat)
3. Customer
adalah orang penting (VIP)
4. Dengarkan
kebutuhannya (tanda Tanya)
5. Menyebutkan
namanya (kartu nama)
6. Bahasa
tubuh (jempol)
7. Bicarakan
yang diminati customer (gulungan Koran)
8. Bahasa
yang halus (kamus)
9. Proses
yang sudah dikerjakan (tanda panah)
10. Produk
knowledge (pintu)
11. Penapilan
dengan rapi (dasi)
D.
Persiapan
diri seorang customer service
1. Sikap
hati
2. Pikiran
positif
3. Pengetahuan
4. Penampilan
5. Perilaku
6. Tutur
kata
7. Kemampuan
melayani
E.
Pentingnya
service excellence
Service
excellence penting bagi perusahaan, pelanggan dan bagi staf perusahaan. Hal ini
penting bagi perusahaan karena dapat mempertahankan loyalitas pelanggan dan
membantu mengamankan masa depan bisnisnya. Penting bagi pelanggan karena
memberikan kombinasi untuk mengambil keputusan dalam hal membeli dan memilih
produk dan menjamin untuk memenuhi kebutuhannya. Penting bagi staf perusahaan
karena memberikan kebanggaan pada mereka, perusahaan dan produknya.
F.
Prinsip-prinsip
service excellence
Service
excellence dikembangkan berdasarkan prinsip 3A :
1. Kita
harus menyajikan Attitude (sikap) yang benar
· Melayani
pelanggan berdasarkan penampilan sopan dan rapi
· Melayani
pelanggan dengan berfikir positif, sehat dan logis
· Melayani
pelanggan dengn sikap menghargai
2. Kita
harus memberikan Attention (perhatian) yang tidak terbagi
· Mendengarkan
dan memahami secra sungguh-sungguh kebutuhan para pelanggan
· Mengamati
dan menghargai perilaku para pelanggan
· Mencurahkan
perhatian penuh kepada para pelanggan
3. Pelanggan
mencari Action (tindakan)
· Mencatat
setiap pesanan para pelanggan
· Mencatat
kebutuhan para pelanggan
· Menegasakn
kembali kebutuhan para pelanggan
· Mewujudkan
kebutuhan para pelanggan
· Menyatakan
terima kasih dengan harapan pelanggan mau kembali
G.
Hal-hal
yang perlu diperhatikan berkaitan dengan konsep service excellen
· Apabila
dikaitkan dengan tugas pemerintah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat
maka service excellence adalah pelayanan yang terbaik kepada masyarakat
· Service
excellence didasarkan pada standart pelayanan yang terbaik
· Untuk
instansi yang sudah mempunyai standart pelayanan maka service excellence
adalahpelayanan yang memenuhi standart
· Apabila
pelayanan selama ini sudah memenuhi standart maka service excellence berari
adanya terobosan
H.
Harapan
pelanggan terhadap service excellence
Setiap
pelanggan sudah pasti mengharapkan untuk memperoleh pelayanan yang tebaik dari
pedagang, penjual, atau produsen. Umumnya harapan itu berupa sikap sopan santun
perhatian dan pelayanan yang cepat terhadap barang dan jaa yang diputuhkan.
I.
Dalam
memberikan service excellence yang perlu diharapkan oelh para pelanggan perlu
diperhatikan hal-hal sebagai berikut
1. Pelayanan
pegawai
Apabila
seseorang pegawai merasa puas tentang yang dikerjakan, hal ini akan berpengaruh
positif terhadap pelanggan
2. Pendekatan
positif
Membina
karyawan agar memiliki keterampilan dalam menerapkan service excellence
bukanlah pekerjaan yang mudah, namun pemipin harus berusaha memberikan
keteladanan penerapan customer service excellence terhadap bawahan
3. Perhatian
Hal-hal
yang diharapkan pelanggan adalah system yang menyenangkan pelanggan (friendly
system) perlakukanlah mereka dengan sebaik-baiknya keinginan pelanggan
adalah pelayanan yang terbaik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar