A. Sikap
konsumen
Sikap merupakan ungkapan perasaan
konsumen tentang suatu obyek apakah disukai atau tidak, dan sikap juga bisa
mengambarkan kepercayaan konsumen terhadap berbagai atribut dan manfaat dari
obyek tersebut.
B. Fungsi-fungsi
sikap
Sikap
mempunyai fungsi sebagai berikut :
1.
Fungsi Penyesuaian
Fungsi ini mengarahkan manusia menuju obyek yang menyenangkan atau menjauhi obyek yang tidak menyenangkan. Hal ini mendukung konsep utilitarian mengenai maksimasi hadiah atau penghargaan dan minimisasi hukuman.
.
Fungsi ini mengarahkan manusia menuju obyek yang menyenangkan atau menjauhi obyek yang tidak menyenangkan. Hal ini mendukung konsep utilitarian mengenai maksimasi hadiah atau penghargaan dan minimisasi hukuman.
.
2.
Fungsi
Pertahanan Diri
Sikap dibentuk untuk melindungi ego atau citra diri terhadap ancaman serta membantu untuk memenuhi suatu fungsi dalam mempertahankan diri.
Sikap dibentuk untuk melindungi ego atau citra diri terhadap ancaman serta membantu untuk memenuhi suatu fungsi dalam mempertahankan diri.
3.
Fungsi Ekspresi Nilai
Sikap ini mengekspresikan nilai-nilai tertentu dalam suatu usaha untuk menerjemahkan nilai-nilai tersebut ke dalam sesuatu yang lebih nyata dan lebih mudah ditampakkan.
Sikap ini mengekspresikan nilai-nilai tertentu dalam suatu usaha untuk menerjemahkan nilai-nilai tersebut ke dalam sesuatu yang lebih nyata dan lebih mudah ditampakkan.
4.
Fungsi Pengetahuan
Manusia membutuhkan suatu dunia yang mempunyai susunan teratur rapi, oleh karena itu mereka mencari konsistensi, stabilitas, definisi dan pemahaman dari suatu kebutuhan yang selanjutnya berkembanglah sikap ke arah pencarian pengetahuan.
Manusia membutuhkan suatu dunia yang mempunyai susunan teratur rapi, oleh karena itu mereka mencari konsistensi, stabilitas, definisi dan pemahaman dari suatu kebutuhan yang selanjutnya berkembanglah sikap ke arah pencarian pengetahuan.
5.
fungsi Utilitarian
mengacu pada ide
bahwa orang mengekpresikan perasaan untuk memaksimalkan
hukuman yang mereka
terima dari orang lain.
6.
fungsi pembelaan ego
Fungsi sikap sebagai pembela ego
adalah melindungi orang dari kebenaran mendasar tentang diri sendiri atau dari
kenyataan kekejaman dunia luar.
7.
fungsi nilai ekspresif / fungsi identitas sosial
mengacu pada bagaimana seseorang mengekpresikan
nilai sentral mereka kepada orang lain.
C. Tiga
komponen sikap
Ada
tiga komponen yang secara bersama-sama membentuk sikap yang utuh (total
attitude) yaitu :
a.
Kognitif (cognitive).
Berisi kepercayaan seseorang
mengenai apa yang berlaku atau apa yang benar bagi obyek sikap. Sekali
kepercayaan itu telah terbentuk maka ia akan menjadi dasar seseorang mengenai
apa yang dapat diharapkan dari obyek tertentu.
b.
Afektif
(affective)
Menyangkut masalah emosional
subyektif seseorang terhadap suatu obyek sikap. Secara umum komponen ini
disamakan dengan perasaan yang dimiliki obyek tertentu.
c.
Konatif
(conative)
Komponen konatif atau komponen
perilaku dalam struktur sikap menunjukkan bagaimana perilaku atau kecenderungan
berperilaku dengan yang ada dalam diri seseorang berkaitan dengan obyek sikap
yang dihadapi
D. Peran
sikap dalam pengembangan strategi pemasaran
Pengukuran sikap konsumen bagi
pemasaran merupakan hal yang sangat penting. Dengan mengetahui sikap, pemasar
dapat mengidentifikasi segmen manfaat, mengembangkan produk baru dan
memformulasikan serta evaluasi strategi promosional. Sikap konsumen terhadap
suatu produk dapat bervariasi bergantung pada apa yang menjadi orientasi.
Berkenaan dengan sikap, pemasar diharapkan mengidentifikasi segmen konsumen
berdasarkan manfaat produk yang diinginkan oleh konsumen. Pengembangan produk
dapat dilakukan dengan terlebih dahulu mengetahui sikap konsumen. Memperhatikan
sikap konsumen perlu terus menerus dipantau agar produk yang dikembangkan
benar-benar memenuhi keinginan konsumen. Sikap konsumen merupakan hal yang
sangat penting dalam pengembangan strategi promosi. Dengan mengikuti apa
yang diinginkan konsumen akan memudahkan bagi pihak promosi untuk membuat iklan
yang menarik perhatian.
E. Hubungan
antara sikap dan perilaku
Perilaku tidak selalu mencerminkan
sikap. Sering terperdaya oleh perilaku orang lain yang dianggap menunjukkan
sikapnya, padahal tidak. Melihat sikap orang lain yang sesungguhnya, coba
perhatikan obyek pada situasi sulitnya, karena pada situasi normal orang
cenderung munafik (perilaku dan sikapnya berlawanan). Kita memiliki sikap
terhadap sesuatu bila kita mengetahui obyek tersebut.
F. Memprediksi
perilaku dan sikap
Terdapat
enam faktor yang mempengaruhi kemampuan sikap dalam memprediksi perilaku,
antara lain:
1.
Tingkat Keterlibatan Konsumen
2.
Pengukuran sikap
3.
Pengaruh orang lain
4.
Faktor situasional
5.
Pengaruh merek lain
6.
Kekuatan sikap
G. Model
perubahan kepercayaan sikap dan konsumen
Model
sikap konsumen bagi pemasar sangat penting untuk merencanakan program
pemasarannya. Pada masing-masing tahap sikap konsumen, pemasar bisa mengambil
tindakan-tindakan yang akan mensukseskan program pemasarannya. Mowen (1995)
memberikan contoh aplikasi kepercayaan, model sikap dan hirarki pengaruh sebagai
berikut:
I.
Kepercayaan
1) Penelitian Pasar
Melakukan penelitian untuk menetukan struktur kepercayaan,
kebutuhan dan keinginan konsumen berkaitan dengan merek produk yang dipasarkan
dan juga merek produk pesaing
2) Bauran Pemasaran
1.
Mengembangkan produk yang memiliki
atribut-atribut yang diinginkan oleh konsumen.
2.
Menggunakan strategi promosi untuk
membentuk kepercayaan dan atribut-atribut manfaat.
3) Segmentasi
Segmentasi pasar hendaknya didasarkan atas kesamaan manfaat
yang dicari atau diinginkan oleh sebagian besar konsumen.
4) Positioning dan Diferensiasi
Memposisikan dan mendiferensiasi produk seharusnya
didasarkan atas atribut-atribut yang mereka (konsumen) inginkan.
5) Analisis Lingkungan
Melakukan penelitian untuk menentukan struktur kepercayaan,
kebutuhan dan keinginan konsumen bagi produk pesaing.
II.
Sikap
1) Penelitian Pasar
Melakukan penelitian atas sikap konsumen yang berkenaan
dengan produk yang dipasarkan, personil penjualan, toko eceran, dan korporasi
secara keseluruhan, dan juga pesaing pasar.
2) Bauran Pemasaran
1.
Gunakan iklan untuk membentuk sikap
positif dengan mengasosiasikan produk dengan hal-hal yang positif seperti juru
bicara, musik dan citra.
2.
Lakukan pelatihan untuk tahap penjualan,
petugas toko eceran, dan personil yang lain, untuk menciptakan perasaan positif
bagi konsumen.
3.
Analisislah secara hati-hati system
distribusi untuk memastikan minimisasi faktor-faktor seperti terjadinya
kekurangan persediaan, fasilitas yang kotor, yang akan menimbulkan perasaan
negatif.
III.
Model Multiatribut
1) Penelitian Pasar
Lakukan penelitian untuk memprediksi sikap terhadap obyek
dan maksud untuk berperilaku, dan kemudian membandingkan dengan hasil-hasil itu
dengan sikap secara umum dan perilaku yang sebenarnya.
2) Bauran Pemasaran
Gunakan hasil penelitian multiatribut di atas sebagai dasar
untuk membuat perubahan yang tepat untuk produk, penetapan produk harga dan
strategi distribusi untuk menciptakan sikap yang lebih positif dan untuk
mempengaruhi maksud berperilaku.
H. Pertanyaan
kajian dan diskusi
model atau metode apa yang dapat
menjelaskan tentang keterkaitan sikap dan perilaku ?
Sumber referensi :
http://titayulianita.wordpress.com/2011/07/05/bab-6-faktor-sikap-terhadap-perilaku-konsumen/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar