PENDAHULUAN PERILAKU KONSUMEN
Ø Pengertian perilaku
konsumen
Perilaku konsumen adalah proses dan aktifitas ketika
seseorang berhubungan dengan pencarian,pemilihan, pembelian, penggunaan,
serta pengevaluasian produk dan jasa demi memenuhi kebutuhaan dan keinginan. Perilaku konsumen merupakan hal-hal yang mendasari konsumen untuk
membuat keputusan pembelian. Untuk barang berharga jual rendah (low-involvement) proses pengambilan keputusan dilakukan
dengan mudah, sedangkan
untuk barang berharga jual tinggi (high-involvement) proses pengambilan
keputusan dilakukan dengan pertimbangan dan pemikiran yang matang dan juga seleksi yang cukup detail. Adapun menurut Pendapat
para ahli :
1.
Gerald Zaltman
Perilaku
konsumen adalah tindakan-tindakan, proses dan hubungan sosial yang di lakukan
oleh individu, kelompok dan organisasi dan mendapatkan, menggunakan suatu
produk atau lainnya sebagai sutu akibat dari pengalaman dengan produk,
pelayanan dan dumber-sumber lainya. (1979:6)
2.
David L Loundon
Perilaku konsumen dapat didefinisikan sebagai proses
pengambilan keputusan dan aktivitas individu secara fisik yang dilibatkan dalam
mengevaluasi, memperoleh, menggunakan atau dapat mempergunakan barang-barang
atau jasa (1984:6).
Ø Cakupan dalam
ilmu perilaku konsumen
Ekonomi
Mikro merupakan cabang ilmu ekonomi yang khusus mempelajari bagian-bagian kecil
(aspek individual) dari keseluruhan kegiatan perekonomian. Analisis dalam teori
ekonomi mikro antara lain meliputi perilaku pembeli (konsumen) dan produsen
secara individua dalam pasar. Sikap dan perilaku konsumen tercermin dalam
menggunakan pendapatan yang diperolehnya, sedangkan sikap dan perilaku produsen
tercermin dalam menawarkan barangnya. Jadi inti dalam ekonomi mikro adalah
masalah penentuan harga, sehingga ekonomi mikro sering dinamakan dengan teori
harga (price theory).
Tujuan dan sasaran analisis ekonomi mikro
lebih dititik beratkan kepada bagaimana membuat pilihan untuk :
1.
mewujudkan
efisiensi dalam penggunaan sumber-sumber, dan
2.
mencapai
kepuasan yang maksimum.
Ø
Pikiran yang benar tentang konsumen dan ciri-cirinya :
1.
Konsumen
adalah RAJA.
2.
Motivasi
dan perilaku konsumen dapat dimengerti melalui penelitian.
3.
Perilaku
konsumen dapat dipengaruhi melalui kegiatan persuasif yang menghadapi konsumen
secara serius sebagai pihak yang berkuasa dan dengan maksud tertentu.
4.
Bujukkan
dan pengaruh konsumen memiliki hasil yang menguntungkan secara sosial asalkan
pengamanan hukum, etika, dan moral berada pada tempatnya untuk mengekang upaya.manipulasi.
Ciri-ciri
konsumen :
1.
Personal
Consumer
: konsumen ini membeli atau menggunakan barang atau jasa untuk penggunaannya
sendiri.
2.
Organizational
Consumer
: konsumen ini membeli atau menggunakan barang atau jasa untuk memenuhi
kebutuhan dan menjalankan organisasi
tersebut.
tersebut.
Ø Kekuatan utama dalam penelitian
konsumen dalam suatu bidang yang yang dinamis.
Terdapat tiga pendekatan utama dalam
meneliti perilaku konsumen.
1.
Pendekatan
pertama adalah pendekatan interpretif. Pendekatan ini menggali secara mendalam
perilaku konsumsi dan hal yang mendasarinya.
2.
Pendekatan
ke dua adalah pendekatan tradisional yang didasari pada teori dan metode dari ilmu psikologi, kognitif, sosial, dan behaviorial serta dari ilmu sosiologi. Pendekatan ini
bertujuan mengembangkan teori dan metode untuk menjelaskan perilaku dan
pembuatan keputusan konsumen.
3.
Pendekatan ke tiga disebut sebagai sains pemasaran
yang didasari pada teori dan metode dari ilmu ekonomi dan statistika.
Sumber referensi :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar