Menurut sumber dari Wikipedia Difusi
Inovasi adalah teori tentang bagaimana sebuah ide dan teknologi
baru tersebar dalam sebuah kebudayaan. Teori ini dipopulerkan oleh Everett Rogers pada tahun 1964 melalui
bukunya yang berjudul Diffusion of Innovations. Ia mendefinisikan difusi
sebagai proses dimana sebuah inovasi dikomunikasikan melalui berbagai saluran dan
jangka waktu tertentu dalam sebuah sistem sosial.
A. ELEMEN DASAR DALAM PROSES
PENYEBARAN
1. INOVASI Gagasan, tindakan, atau
Kebaruan diukur secara barang yang
dianggap subyektif oleh individu baru oleh seseorang yang menerimanya Jika
suatu ide dianggap baru oleh seseorang maka ia adalah inovasi untuk orang itu. Konsep
“baru” dalam ide yang inovasi tidak harus selalu baru.
2. SALURAN
KOMUNIKASI Alat untuk menyampaikan
pesan-pesan inovasi dari sumber
kepada penerima : a. Tujuan komunikasi. b. sumber kepada penerima Karakteristik
penerima Saluran interpersonal : Media massa : komunikasi untuk memperkenalkan
mengubah sikap/perilaku inovasi kepada khalayak penerima secara personal.
3. JANGKA
WAKTU Proses
keputusan inovasi jangka memulainya seseorang mengetahui sampai memutuskan, untuk
waktu menerima atau menolaknya.
4. SISTEM
SOSIAL Kumpulan unit yang berbeda secara fungsional dan
terikat dalam kerjasama memecahkan masalah untuk mencapai tujuan bersama.
B. PENGAPLIKASIAN DEFINISI DARI
INOVASI
Pada
perusahaan industri otomotif belakangan tahun ini telah mengembanganinovasi ide dan gagasannya yang diterapkan dengan
teknologi di zaman ini yaitu dengan mengeluarkan produk “mobil listrik”. Tujuan dari dikeluarkan produk ini untuk mengurangi
bahan bakar minyak, mengurangi polusi udara, dan mengurangi polusi suara dari
kendaraan tersebut. Tetapi untuk mendukung ide tersebut juga harus diimbangi
dengan struktur-struktur yang memadahi seperti : tingkat keselamatan dan
kenyaman kendaraan tersebut, jalan rayanya, dan tempat pengisian tenaga
kendaraan.
Jika
Inovasi ini dapat berjalan dengan baik pasti dapat kita rasakan hal yang
positif.
C. LIMA KARAKTERISTIK YANG DIHUBUNGKAN
DENGAN PRODUK BARU
Rogers (1983) mengemukakan lima
karakteristik inovasi meliputi:
1.
Keunggulan relatif (relative advantage) adalah derajat dimana suatu inovasi dianggap lebih
baik/unggul dari yang pernah ada sebelumnya. Hal ini dapat diukur melalui segi
ekonomi, kenyamanan, kepuasan dan lain-lain.
2.
Kompatibilitas (compatibility) adalah derajat dimana inovasi tersebut dianggap konsisten
dengan nilai-nilai yang berlaku, pengalaman masa lalu dan kebutuhan pengadopsi.
3.
Kerumitan (complexity)
adalah derajat dimana inovasi dianggap sebagai suatu yang sulit untuk dipahami
dan digunakan. Beberapa inovasi tertentu ada yang dengan mudah dapat dimengerti
dan digunakan oleh pengadopsi dan ada pula yang sebaliknya.
4.
Kemampuan diuji cobakan (trialability) adalah derajat dimana suatu inovasi dapat diuji-coba batas
tertentu. Suatu inovasi agar dapat dengan cepat diadopsi sebaiknya harus mampu
menunjukkan keunggulannya.
5.
Kemampuan diamati (observability) adalah derajat dimana hasil suatu inovasi dapat terlihat
oleh orang lain.
D. PENTINGNYA ARTI SEBUAH PROSES
PENYEBARAN
Difusi
adalah suatu bentuk komunikasi yang bersifat khusus berkaitan dengan
penyebaranan pesan-pesan yang berupa ide atau gagasan baru. Proses difusi atau
penyebaran sangat penting karena melalui komunikasi dari saluran ke saluran
lain, dengan adanya hal ini maka informasi akan sangat cepat diketahui dan akan
membawa perubahan yang lebih baik.
E. ADOPSI DAN SALURAN KOMUNIKASI DALAM
PROSES DIFUSI
1. Tahap pengetahuan: Dalam tahap ini, seseorang belum memiliki informasi mengenai inovasi baru. Untuk itu informasi mengenai
inovasi tersebut harus disampaikan melalui berbagai saluran komunikasi yang
ada, bisa melalui media elektroni, media cetak
, maupun komunikasi interpersonal
di antara masyarakat
2. Tahap persuasi : Tahap kedua ini terjadi lebih banyak dalam
tingkat pemikiran calon
pengguna. Seseorang akan mengukur keuntungan yang akan ia dapat jika mengadopsi
inovasi tersebut secara personal. Berdasarkan evaluasi dan diskusi dengan orang lain, ia mulai
cenderung untuk mengadopsi atau menolak inovasi tersebut.
3. Tahap pengambilan keputusan: Dalam tahap ini,
seseorang membuat keputusan akhir apakah mereka akan mengadopsi atau menolak
sebuah inovasi. Namun bukan berarti setelah melakukan pengambilan keputusan ini
lantas menutup kemungkinan terdapat perubahan dalam pengadopsian.
4. Tahap implementasi : Seseorang mulai menggunakan inovasi sambil
mempelajari lebih jauh tentang inovasi tersebut.
5. Tahapkonfirmasi : Setelah sebuah keputusan dibuat, seseorang
kemudian akan mencari pembenaran atas keputusan mereka. Apakah inovasi tersebut
diadopsi ataupun tidak, seseorang akan mengevaluasi akibat dari keputusan yang
mereka buat. Tidak menutup kemungkinan seseorang kemudian mengubah keputusan
yang tadinya menolak jadi menerima inovasi setelah melakukan evaluasi.
F. MEMBANGUN PROFIL KONSUMEN YANG
MENYUKAI PRODUK BARU
Penelitian
yang dilakukan Nielsen menemukan bahwa 60 persen dari konsumen di seluruh
dunia, yang kerap mengakses internet, cenderung untuk membeli produk baru dari
merek yang sudah dia kenal dibandingkan menggantinya dengan suatu produk dari
merek yang benar-benar baru.
Hampir
setengah responden, dari 58 negara, yang disurvei menyatakan mereka cenderung
mempertimbangkan untuk membeli produk baru. Dengan konsumen yang berasal dari
Amerika Utara, Timur Tengah dan Afrika yang paling mungkin untuk mencoba
sesuatu yang baru.
Namun,
meski disertai antusias yang besar pada produk baru, dua pertiga responden
menyatakan mereka lebih memilih untuk menunggu hingga suatu produk baru
benar-benar membuktikan dirinya sebelum responden membelinya.
Rob Wengel, senior vice president dari Nielsen Innovation Analytics,
menekankan perlunya perusahaan menciptakan suatu pengalaman positif dengan
produk baru. Caranya dengan memberikan produk yang benar-benar diinginkan oleh
konsumen dan mengirimkan informasi tersebut pada mereka dengan jelas dan
efektif. Dia juga menekankan pentingnya sistem word-of-mouth (pemasaran
dari mulut kemulut) agar produk baru dapat sukses di pasar.
G. PERTANYAAN KAJIAN DAN DISKUSI
Hal
apa yang sebenarnya ingin dirasakan konsumen dari penyebaran inovasi ?
SUMBER :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar